Popular Post

Posted by : Zachary's Blog Tuesday 28 January 2014

Sugeng dalu poro sedulur
Selamat Malam


malam ini admin ingin membahas lagu asli Indonesia
Dangdut..... akhir akhir ini lagu dangdut semakin digemari orang kota karena sering dibawakan oleh acara acara TV, seperti YKS, dan CAMPUR CAMPUR.

tapi menurut admin itu bukan asli dandut, tapi sudah dimodifikasi dengan genre yang lain. contoh lagu dangdut yang masih original INDONESIA banget, seperti yang dibawakan oleh evie tamala dll.
kalo kita simak benar benar, lagu dangdut ada kemiripan dengan lagu lagu india, dari ketukanya dan iramanya, cuma alat musik pengiringnya saja yang berbeda, itu karena memang sebelum INdonesia belum mengenal Kristen dan Islam, INdonesia, bahkan belum mempunyai nama Indonesia, negeri ini adalah negara Hindu Budhism, yang dibawa oleh orang orang dari india. jadi, sedikit banyak, budaya kita asalnya dari india. tapi kalian tahu sendiri bahwa bangsa INDONESIA adalah bangsa yang kreatif kita tidak menjiplak seperti yang dilakukan negara sebelah, tapi kita mengadaptasinya, contoh musik dangdut, dan cerita pewayangan.


kita lanjut ke musik Keroncong, lagu keroncong adalah lagu kesukaan admin, biarpun admin masih muda, tapi admin sangat suka dengan lagu keroncong dan campur sari dibanf=ding lagu yang lain,, gak tahu kenapa sih, mungkin INDONESIA sudah mendarah daging dijiwa raga admin hehehe.
kalo masalah musik keroncong, admin jujur belum begitu paham sejarah aslinya,, tapi menurut admin musik keroncong lebih condong ke kebudayaan jawa dan betawi, kalo ditinjau dari alat musiknya, mudik keroncong mungkin tercipta pada jaman yang sudah sedikit moderen, buktinya keroncong sudah ada bass dan gitarnya,



yang ketiga adalah CAMPURSARI dan GAMELAN jelas kalo ini admin suka, terutama gamelan dan musik musik jawa yang belum tersentuh genre modern, GAMELAN dan CAMPURSARI adalah musik dan alat musik asli dari JAWA, tepatanya pada jawa tengah dan jawa timur beserta DIY, gamelan meliputi alat musik pukul ,petik dan tiup. kalo CAMPURSARI itu dibagi dua, campursari modern dan campur sari original, campur sari modern itu contohnya campursari yang liriknya gabungan antara bahasa jawa dan indonesia kalo yang ORI, ori sih tapi kalo dibilang ori ya gak ori ori banget soalnya kalau kita tinjau dari namanya CAMPURSARI terdiri dari kata CAMPUR dan SARI yang artinya inti atau sari dari sebuah genre atau bhsa dicampur atau digabung, jadi yang namanya campur sari ya memang campuran, tapi ada kok lagu campur sari yang full bahasa Jawa, contohnya yang dibawakan oleh "MANTHOUS" dalam lagu yang berjudul "sri"

sekian penjelasan akan budaya dari admin
selamat malam

Leave a Reply

Monggo Tanggapan saking sedulur sedoyo
(Silahkan tanggapan dari saudara semua)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Zakharia Aprilianto - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Zakharia | CEMPAKA 1974 -