Popular Post

Posted by : Zachary's Blog Wednesday 18 April 2012

Hay Guys,,,,,,,,,
Gimana nih kabarnya ???
mudah-mudahan sih banyak baiknya ya,
Nah kali ini aku akan posting tentang cara kerja printer laser jet, tau apa itu pribter laser jet ?
kalau hgk tau nih aku beri pengertian walau sebenernya aku juga belum begitu paham sih hehehe..... tapi gak usah kawatir, aku udah tanya koq sama mbahku yang serba tau, biasa mbah google. jadi mudah-mudahhan ini bermanfaaat ya (udah jangan basa-basi teruz, labgsung aja kita ke dolly, ehhhh salah, kita langsung baca pengertiannya)
 1. Pengertian Printer LaserJet

       Printer laser jet adalah printer yang media cetaknya tidak menggunakan tinta, melainkan menggunakan serbuk, printer laser jet kebanyakan hanya mempunyai satu warna aja, yaitu hitam/black (iya.... black kaya kamu mungkin........... hehehehehe peace ya bro), tapi juga ada printer laser yang mempunyai warna yang beragam contohnya Printer HP LASERJET PRO CP1520
mau contoh gambarnya ?
gak usah deh ya, ya de...............ya deh.............. jngan nangis nih gambarnya 

 
gimana udah puas ? puas kan ? udah puas deh xixixix (Gan ayo lanjutin)
ok sekarang kita masuk padamateri berikutnya (ihhh materi,  sok amat nih admin, sekolah aj dilakuin cuma setengah-setengah, eh mlah bicara materi, emg admin demen banget ama yang nmanya materi ?)

  2. Prinsip Printer Laser jet

              Guys tau gak kalau sebenarnya Prindip kerja Laser jet adalah Prinsip Electrik Statis,? .............(pasti ada yang nggak dan ada yang jawab iya... iya kan ? pasti tuh, orang adminya pinter, bisa nebak apa yang kalian akan ucapkan.) lanjut........ Awalnya OPC Drums diberi muatan positif oleh PCR, (Bagian ini ada di dalam Toner Catrid).

Kemudian Sinar Laser yang sangat kecil melewati permukaan OPC Drum untuk membentuk image tulisan atau gambar sesuai dengan data yang dikirim oleh komputer, berupa satu garis horizontal pada satu waktu.
Cahaya Sinar Laser OPC Drum membentuk titik dengan cara mematikan dan menghidupkan cahaya untuk tempat kosong per halaman. Sinar laser tidak bergerak dengan sendirinya namun sinar laser itu dipantulkan melalui cermin yang bisa bergerak sendiri. Sinar laser ini berhenti pada titik OPC Drum dan membentuk image Electrostatic. Bagian permukaan drum yang terkena sinar laser berubah menjadi bermuatan negatif.

Setelah pola image terbentuk, serbuk toner yang tersimpan di Toner Hopper (di dalam cartridge) diambil oleh Magnetic Sleeve. Toner yang bermuatan positif melekat pada area OPC Drum yang telah membentuk image electrostastik, yaitu bagian OPC Drum yg terkena sinar laser (muatan negatif).
Kertas (dengan muatan negatif yang lebih kuat dari OPC Drum) bergerak sepanjang sabuk dan roll diatas drum yang telah dibubuhi serbuk toner yang berpola. Kertas mendorong bubuk toner dari drum untuk berpindah melekat pada kertas sehingga pola image berserbuk toner berpindah pada kertas dan siap untuk difinishing pada Fuser.

Toner yang tidak menempel pada kertas dan masih melekat pada OPC Drum akan dihapus oleh Wiper Blade dan kemudian masuk ke dalam Waste Bin (Pembuangan)
Fuser (Pemanas)
Fuser mengeringkan serbuk toner yang telah berbentuk image pada kertas agar kuat melekat pada kertas. Kemudian kertas yang telah tercetak dikeluarkan menuju tray pengeluaran kertas pada printer.

Sedangkan bagian yg memancarkan sinar laser yg kita bahas di bagian atas adalah : Laser Scanner Assembly
Laser Scanner Assembly
Laser Scanner biasanya terdiri dari 3 unit bagian :
1. Laser
2. Cermin berputar
3. Lensa
Unit laser menerima data gambar maupun text dari komputer, lalu data tersebut dipancarkan ke drum berupa titik-titik yang membentuk text atau gambar, bertahap secara horizontal pada drum.

nah akhirnya selesai juga materi kali ini, karena materi sudah selesai admin mau tidur dulu yah.........
kalian jangan ikut tidur, baca ni artikel sampai kalian paham baru setelah itu, kalian boleh tidak tidur, kenapa aku ilang tidak tidur ? karena setelah kalian membacanya dan paham, kalian harus mempraktekannya juga setelah itu, baru deh cuci tangan kaki dan semuanya, (wah ribet amat nih admin,,,, tinggal bilang mandi aja bahasanya ribet banget), ya deh mandi, nah setelah mandi baru deh tidur...
semoga artikel ini bermanfaat ya................


Leave a Reply

Monggo Tanggapan saking sedulur sedoyo
(Silahkan tanggapan dari saudara semua)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Zakharia Aprilianto - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Zakharia | CEMPAKA 1974 -